REGIONAL SUMATERA
CLICK TO SCROLL

PROGRAM KERJA

MALAM KEAKRABAN

Waktu Pelaksanaan:

Diperkirakan akan diselenggarakan pada minggu ke-4 Januari 2024

WEBINAR NASIONAL

Waktu pelaksanaan:

Diperkirakan akan diselenggarakan pada minggu pertama Februari 2024

MENGKARANG FESTIVAL

Geowisata merupakan suatu jenis pariwisata dengan memanfaatkan potensi sumber daya alam seperti bentuk bentang alam, batuan struktur geologi dan sejarah kebumian. Geopark sendiri adalah kawasan yang memiliki unsur-unsur geologi dalam perlindungan guna menjaga, melestarikan serta wadah untuk mengembangkan warisan geologi tersebut. Berdasarkan pentingnya geowisata pada suatu daerah kami Himpunan Mahasiswa Teknik Geologi Mengkarang mengadakan acara ini guna mendorong kegiatan mengenai pengembangan geowisata yang dirangkum dalam suatu kegiatan yang bertema “Geowisata”.

Kegiatan Mengkarang Festival dimulai dengan ceremony (webinar series), kompetisi poster, paper, dan geophotocontest, Fieldtrip di Sabak-Kerinci, serta Closing Ceremony (Pengumuman pemenang kompetisi dan hiburan penutup)

Geologi adalah ilmu yang mempelajari aspek-aspek kebumian meliputi bagaimana sejarah bumi ini terbentuk, komposisi apa saja yang terdapat didalam batuan penyusun bumi, serta mempelajari gerak dinamis bumi baik yang terjadi dimasa lalu, saat ini maupun yang akan terjadi. Salah satu lokasi di Sumatera Selatan yang kaya akan unsur geologi yaitu Green Canyon yang berada di Kecamatan Pulau Pinang Kabupaten Lahat. Oleh karena itu dibuatlah kegiatan GESTURE sebagai kegiatan kolaborasi antara Koordinator Institusi HMTG “SRIWIJAYA” dengan Departemen Eksternal HMTG “SRIWIJAYA”. 

Gambaran Kegiatan GESTURE dimulai dengan Sosialisasi Geowisata Curup Panjang, Fieldtrip Green Canyon Lahat dan Curup Panjang

WE-TRIP (Webinar dan Fieldtrip)

WE-TRIP merupakan program kerja institusi HMGL AVANINDRA ITERA yaitu webinar dan fieldtrip, program kerja ini akan dilaksanakan selama tiga hari, pada hari pertama akan dilaksanakan pembukaan kegiatan dan webinar dengan pemateri ibu Happy Christin Natalia, S.T.,M.T. Webinar ini akan dilaksanakan secara hybrid, untuk peserta atau delegasi yang hadir di Bandar Lampung akan mengikuti kegiatan secara offline, sedangkan untuk yang berada di luar Bandar Lampung akan mengikuti kegiatan secara online. Pada hari kedua akan dilaksanakan fieldtrip di daerah Tanggamus, dimana fieldtrip ini merupakan lanjutan materi webinar yang akan dipelajari secara langsung di lapangan. Setalah kegiatan fieldtrip, malam harinya akan dilanjutkan dengan malam keakraban atau makrab untuk semua peserta/delegasi dan panitia yang hadir, dan pada hari ketiga atau hari terakhir akan dilaksanakan penutupan seluruh rangkaian kegiatan WE-TRIP.

PENGURUS PROFIL

Reno Primayandi

Koordinator Regional Sumatera

Reno Primayandi

Jabatan: Koordinator Regional Sumatera
Institusi: HMTG "BUMI LANCANG KUNING" UIR

Anggi Pratama Silaban

Koordinator Institusi HMTG MENGKARANG UNJA

Anggi Pratama Silaban

Jabatan: Koordinator Institusi HMTG MENGKARANG UNJA

Muhammad Aloa Bentar

Koordinator Institusi HMTG "BUMI LANCANG KUNING" UIR

Muhammad Aloa Bentar

Jabatan: Koordinator Institusi HMTG "BUMI LANCANG JUNING" UIR

Syifah Tri Rahma

Koordinator Institusi HMTG USK UNSYIAH

Syifah Tri Rahma

Jabatan: Koordinator Institusi HMTG USK UNSYIAH

Tedy Kurniawan

Koordinator Institusi HMGL "AVANINDRA" ITERA

Tedy Kurniawan

Jabatan: Koordinator Institusi HMGL "AVANINDRA" ITERA

Tegar Ananto Wicaksono

Koordinator Institusi HMTG "SRIWIJAYA" UNSRI

Tegar Ananto Wicaksono

Jabatan: Koordinator Institusi HMTG "SRIWIJAYA" UNSRI