REGIONAL SULAWESI KALIMANTAN
CLICK TO SCROLL

PROGRAM KERJA

1. PERHIMAGI WALL

PERHIMAGI WALL diadakan dengan harapan  dapat membantu warga HMG FT-UH mendapatkan informasi eksternal baik itu perlombaan, webinar, kegiatan-kegiatan PERHIMAGI, dll, Sehingga harapan nya warga HMG FT-UH dengan mudah mengakses kegiatan-kegiatan yang ada.

 

2. GEODESI (Geologi dengan Literasi)

GEODESI (Geologi dengan Literasi) merupakan salah satu program kerja dari Biro Kajian Strategis Badan Eksekutif HMG FT-UH. Dibuatnya program kerja ini sebagai wadah diskusi nilai atau pesan-pesan yang terdapat pada buku dan menumbuhkan minat baca anggota HMG FT-UH.

1. Ekskursi Geologi Regional Sulawesi-Kalimantan

        Persatuan Himpunan Mahasiswa Geologi Indonesia (PERHIMAGI) terbagi dalam beberapa regional yang salah satunya regional Sulawesi-Kalimantan (Sultan). Setiap regional memiliki memiliki sebuah kegiatan tahunan. Ekskursi Geologi Regional Sulawesi (EGRS) merupakan kegiatan rutin tahunan yang dilaksanakan oleh 8 (Delapan) institusi di regional Sulawesi-Kalimantan, dimana ke delapan istitusi tersebuh yaitu, HMG FT-UH (Universitas Hasanudin), HMTG OFIOLIT (Universitas Halu Oleo) HMTG J.A.K (Universitas Negri Gorontalo), HMTG “TADULAKO” (Universitas Tadulako), HMTG DELTA (Universitas Mulawarman), HMTG ANTRASIT STT MIGAS (Balikpapan), HMTG “TONDANO” (Universitas Prisma), HMTG FT-UNIBOS (Universitas Bosowa). Pada tahun 2023 HMTG-OFIOLIT FITK UHO berkesempatan menjadi tuan rumah dalam kegiatan EGRS, dengan harapan pada kegiatan ini dapat terbentuk jalinan persaudaraan yang kuat serta menambah pengetahuan khususnya dalam bidang ilmu geologi sehingga dapat memberikan karya yang positif bagi lingkungan sekitar, masyarakat umum dan pemerintahan.

2. ArcGis Class

Dengan seiring berkembangnya zaman yang semakin maju, perkembangan teknologi pon mengiringi denngan perkembangan zaman tersebut. Perkembangan zaman tersebut juga berpengaruh pada kemajuan tekologi dalam dunia IT (information Technology) yang juga berkembang dengan pesat. Salah satunya dengan munculnya software Arcgis, yang sangat di perlukan dalam bidang geologi.

1. Pengenalan Alat dan Medan Geologi

Pengenalan alat dan medan geologi merupakan bentuk pelatihan bagi mahasiswa baru untuk mengenal alat yang akan digunakan dalam studi geologi, selain itu pengenalan alat geologi ini memberikan informasi mengenai fungsi dan kegunaan masing masing alat seperti palu, kompas dan GPS. Sedangkan pengenalan medan merupakan bentuk pengenalan orientasi medan atau kondisi medan yang akan dilalui kedepannya oleh seorang geologist. Melalui pengenalan medan ini kita dapat menerapkan fungsi-fungsi alat-alat geologi yang sebelumnya telah dikenalkan yang kemudian akan diterapkan secara langsung di pengenalan medan. Kegiatan pengenalan alat dan medan geologi ini terdiri dari menejemen perjalanan, geologi dasar, orientasi medan dan keorganisasian Himpunan Mahasiswa Teknik Geologi John Ario Katili Universitas Negeri Gorontalo. Kegiatan ini dilakukan berdasarkan analisis kemampuan mahasiswa baru yang memiliki beragam latar belakang kemampuan dan pengalaman mahasiswa baru. Latar belakang mahasiswa baru ini dipengaruhi oleh jenjang pendidikan dan sekolah keahlian tertentu. Sehingga dibuatlah kegiatan ini agar mahasiswa baru memiliki kesetaraan ilmu mengenai dasar-dasar ilmu geologi melalu kegiatan ini.

2. Pesta Geologi

        Pesta geologi merupakan salah satu kegiatan dimana mahasiswa teknik geologi berkumpul untuk menyaksikan atau menampilkan minat dan bakat mereka. Kegiatan Pesta geologi ini didalamnya terdapat beberapa kegiatan berupa penampilan minat dan bakat dari Mahasiswa Teknik Geologi sebagai bentuk apresiasi dan menumbuhkan semangat berorganisasi. Selain itu kegiatan ini dilaksanaakann berdasarkan hasil kerja sama antara koordinator institusi HMTG J.A.K UNG dengan Himpunan Mahasiswa Teknik Geologi “John Ario Katili” Universitas Negeri Gorontalo. Walaupun kegiatan ini merupakan kegiatan rutin HMTG J.A.K UNG, akan tetapi untuk pesta geologi kali ini koordinator institusi ingin membuat kegiatan dengan konsep yang baru. Oleh karena itu melalui kegiatan ini koordinator institusi ingin membuat stand yang berisi informasi-informasi mengenai organisasi-organisasi yang ada di HMTG J.A.K UNG. Pembuatan stand ini sangat cocok dan efisien dilakukan pada kegiatan pesta geologi karena berdasarkan pelaksanaan kegiatan ini sebelumnya, kegiatan inilah yang paling banyak mengundang warga untuk hadir dan berpartisipasi langsung untuk menyukseskan kegiatan tersebut.

Seminar Kebencanaan Geologi (SEKALI) “Bahaya dan Keuntungan Hidup di Jalur Sesar Palu-Koro”

Sulawesi Tengah banyak menyimpan kekayaan alam yang sangat menarik, salah satunya penciri struktur geologi yaitu Sesar Palu Koro terletak di sepanjang lembah Palu Koro yang membentang dari Teluk Palu ke arah Tenggara, sesar ini merupakan struktur geologi utama di Provinsi Sulawesi Tengah. Disamping itu sesar Palu Koro merupakan salah satu faktor geologi penyebab terjadinya suatu peristiwa alam tsunami dan gempa bermagnitudo 7,4 yang mengguncang sekitaran daerah Palu, Sigi dan Donggala (PASIGALA) pada 28 September 2018 silam. Sesar ini memiliki panjang sekitar 500 kilometer, dan juga merupakan sebuah patahan terpanjang kedua di Indonesia setelah sesar Sumatera (1.900 kilometer). Dibalik itu semua, tentunya ada proses geologi yang telah terjadi pada masa lampau yang dapat menjadi sebuah pembelajaran namun juga bisa menyimpan bencana alam yang sewaktu-waktu dapat terjadi. Sehingga ini menjadi pendorong untuk mahasiswa geologi untuk ikut berperan aktif dalam masalah kegeologian yang tepatnya berada di daerah mereka masing-masing.

Geology Book

Mahasiswa Teknik Geologi Universitas Mulawarman mengadakan Geology Book sebagai perpustakaan dan sumber literatur-literatur dalam bidang kegeologian. Saat ini masih sangat sedikit orang yang mengenal kegeologian serta mengetahui peluang ilmu geologi ditambah dengan situasi pandemi yang mengahambat kegiatan offline dan sulitnya mencari buku dan literatur mengenai kegeologian. Perlunya geology book ini dilakukan adalah agar memudahkan generasi-generasi muda untuk mecari buku, jurnal serta referensi kegeologian lebih mudah dan cepat dari aspek kegeologian.

Geo Wawasan / Webinar Geo

Geologi merupakan salah satu ilmu pengetahuan yang membahas tentang bumi, dalam hal ini juga berhubungan tentang lingkungan. Ilmu geologi mulai mempelajari tentang geometri (bentuk dan dimensi bumi), meterial penyusun atau pembentuk bumi (komposisi padat, komposisi cair dan komposisi gas), kemudian proses-proses yang terjadi (endogen dan eksogen) serta sejarah dari bumi itu sendiri. Dalam perkembangannya, studi tentang ilmu geologi banyak dipergunakan untuk hal seperti ilmu pertambangan, ilmu konstruksi, ilmu lingkungan, serta tentang kebencanaan. Jadi, ada banyak hal yang dapat dikaji dan diteliti dengan lebih mendalam tentang aspek – aspek geologi pada suatu daerah tertentu. Aspek – aspek geologi tersebut meliputi geomorfologi, stratigrafi, struktur geologi, mekanisme dan kronologi pembentukan dalam ruang dan waktu geologi.

Adanya penelitian tentang aspek – aspek geologi tersebut hasilnya dapat dimanfaatkan oleh instansi pemerintah daerah setempat, maupun pihak-pihak yang berkepentingan pada daerah penelitian, baik untuk penataan lingkungan maupun kegiatan eksploitasi bahan galian.

Lomba Karya Tulis Ilmiah dengan Tema “ Potensi Pengembangan Sumber Daya Geologi Pada Daerah Ibu Kota Negara Baru Di Kalimantan”

       Untuk saat ini Indonesia sedang proses diadakan nya pemindahan Ibu Kota Negara baru yang rencana akan dipindahkan ke Kalimantan. Untuk itu dalam pemindahan wilayah tersebut tentunya sangat banyak aspek-aspek yang harus kita ketahui perkembangannya, dari potensi yang ada bahkan dampak yang kedepannya akan kita temui. Dengan pengembangan wilayah tersebut dari segi kontruksi tentunya sangat berhubungan dengan ilmu geologi sehingga perlunya kita memperkenalkan ilmu geologi agar dapat menambah wawasan generasi milenial semakin luas.

Maksud dan Tujuan

  1. Mempromosikan jurusan teknik geologi di sekolah-sekolah untuk membuka wawasan siswa/siswi mengenai ilmu kegeologian.
  2. Sebagai wadah silahturahmi dan menarik minat dari siswa/siswi.
  3. Untuk mempersiapkan regenerasi anggota HMGT DELTA dan HMTG ANTRASIT yang akan datang.

1 GEO CAMP

Geology Camping yang disingkat menjadi Geo Camp merupakan salah satu kegiatan rekreasi, maka dari itu akan diadakan kegiatan camping bagi seluruh mahasiswa Geologi. Geo camp ini dilaksanakan untuk menyukseskan dan mewujudkan program kerja institusi, selain itu melalui program kerja ini diharapkan bisa memberikan sarana ataupun suasana yang baik untuk menjalin kekompakan dan keakraban serta kekeluargaan. Melalui program ini juga kami bekerja sama dengan himpunan dalam rangka merangkul serta memperkenalkan HMTG “TONDANO”  kepada mahasiswa baru dan mahasiswa yang belum dikader.

2. HMTG GOES TO SCHOOL

Himpunan Mahasiswa Teknik Geologi “TONDANO” Universitas PRISMA melalui proker koordinator institusi, akan mengadakan kegiatan bertajuk “HMTG GOES TO SCHOOL” dimana kegiatan ini merupakan bentuk promosi dan sosialisasi untuk kalangan siswa/siswi SMA Sederajat. Pentingnya kegiatan ini dilakukan agar generasi-generasi muda lebih paham menegenai ilmu geologi secara luas. Bekerjasama dengan pihak Program Studi dan Universitas PRISMA, HMTG “TONDANO” menghadirkan pemateri yang berpengalaman dimana akan membahas mengenai ilmu geologi dan nantinya juga akan diisi materi organisasi dan PERHIMAGI. Oleh sebab itu, dengan diadakan “HMTG GOES TO SCHOOL” ini dapat menarik antusias siswa/siswi dari berbagai sekolah di wilyah Kota Manado dan sekitarnya sehingga dapat menambah wawasan keilmuan kegeologian. Serta diharapkan dapat membuat para siswa/siswa termotivasi dengan materi yang ada dan adanya ide-ide kreatif yang baru yang akan diimplementasikan untuk mereka dimasa yang akan datang.

Webinar (Geologi Dan Tektonik Sulawesi Serta Implikasinya Terhadap Kebencanaan Geologi Dan Potensi Sumber Daya Mineral)

         Sulawesi terletak di sebelah barat Lempeng Pasifik, di sebelah barat laut Lempeng Indo-Australia, dan di sebelah timur Lempeng Eurasia, sehingga evolusi tektoniknya sangat dipengaruhi oleh berbagai macam mekanisme pergerakan lempeng – lempeng pengapitnya. Sejarah tektonik Sulawesi berkaitan erat dengan perisitiwa tektonik regional di sekitar Sulawesi dan kegiatan tektonik lokal di berbagai bagian dari daerah Sulawesi, seperti pemekaran di Selat Makassar, rotasi dasar Laut Sulawesi, serta kegiatan-kegiatan tektonik di timur Sulawesi yang meliputi daerah Banggai – Sula serta Kendari, Muna dan Buton. Oleh karena itu, keberadaan sumber daya mineral dan energi yang relatif mudah dicari karena asosiasinya dengan posisi struktur tektoniknya. Selain itu, wilayah beresiko kebencanaan pun lebih mudah diperkirakan, terutama dalam hal ini adalah kebencanaan geologi seperti gempabumi, tsunami dan letusan gunung api.

PENGURUS PROFIL

Andika Eko Prasetyo D

Koordinator Regional Sulawesi Kalimantan

Andika Eko Prasetyo D

Jabatan: Koordinator Regional Sulawesi Kalimantan
Institusi: HMTG 'TONDANO" UNPRIS
IG: -
LinkedIn: -
Go to LinkedIn

Akhmad Akmal Habibie

Koordinator
Institusi HMTG ANTRASIT STT MIGAS

Akhmad Akmal Habibie

Jabatan: Koordinator
Institusi HMTG ANTRASIT STT MIGAS
IG:
LinkedIn:
Go to LinkedIn

Jennifer Lourencia W

Koordinator
Institusi HMTG "TONDANO" UNPRIS

Jennifer Lourencia W

Jabatan: Koordinator
Institusi: HMTG "TONDANO" UNPRIS
IG:
LinkedIn:
Go to LinkedIn

Muhammad Ridwan

Koordinator Institusi HMTG OFIOLIT FITK UHO

Muhammad Ridwan

Jabatan:
Koordinator Institusi HMTG OFIOLIT FITK UHO
IG: -
LinkedIn: -
Go to LinkedIn

David Geraldi W

Koordinator Institusi HMTG "TADULAKO" UNTAD

David Geraldi W

Jabatan: Koordinator Institusi HMTG "TADULAKO" UNTAD
IG: -
LinkedIn: -
Go to LinkedIn

Vivin Kurnia V. A.

Koordinator Institusi HMTG DELTA UNMUL

Vivin Kurnia V. A.

Jabatan: Koordinator Institusi HHMTG DELTA UNMUL
IG: -
LinkedIn: -
Go to LinkedIn

Masykur Radja Alief

Koordinator Institusi HMG FT-UH

Masykur Radja Alief

Jabatan: Koordinator Institusi HMG FT-UH
IG: -
LinkedIn: -
Go to LinkedIn

Elda Safitri Mulyono

Koordinator Institusi HMTG J.A.K UNG

Elda Safitri Mulyono

Jabatan: Koordinator Institusi HMTG J.A.K UNG
IG: -
LinkedIn: -
Go to LinkedIn

Muh. Muzhady Pesal

Koordinator Institusi HMTG FT-UNIBOS

Muh. Muzhady Pesal

Jabatan: Koordinator Institusi HMTG FT-UNIBOS
IG: -
LinkedIn: -
Go to LinkedIn